Bakteri E.Coli bisa menyimpan Data 500 kali lebih banyak dari Hardisk

    Ternyata 1 gram Bakteri E.Coli mampu menampung 900TB data lebih banyak dari pada Hardisk tercanggih. Para peneliti asal Hongkong telah menemukan cara untuk menyimpan data di dalam DNA bakteri ini. Dalam penelitiannya mereka menggunakan sampel bakteri untuk uji coba dan ternyata bakteri E.Coli dapat menyimpan hingga 900TB.

    Kemudian peneliti mendesain sebuah primer yang menargetkan pesan yang sudah di encode baik dalan orientasi normal ataupun dalam orientasi tambahan yakni yang sudah dibalik. Kedua set primer tersebut bisa digunakan untuk menggrenate produk PCR(Polymerase Chain Reaction).

    Peneliti juga mencontohkan Harddisk komputer desktop berkapasitas 1,5TB saan ini umumnya memiliki bobot seberat 1 kilogram. Jika Harddisk itu terbuat dari bakteri, maka kapasitasnya menjadi 900 petabyte.

    Muncul pertanyaan apakah dengan menggunakan bakteri E. Coli untuk menyimpan data berpotensi menimbulkan penyakit ?
   
    Tak perlu khwatir karena peneliti sudah menemukan rangkaian non-virulent dari bakteri tersebut. Peneliti sudah mendesain bakteri E. Coli sedemikian rupa sehingga hanya berfungsi untuk menyimpan data di DNA dan hanya melakukan reproduks.

    Jadi penggunaan bakteri ini untuk penyimpanan data tidak akan menimbulkan bahaya bagi penggunanya.

2 Response to "Bakteri E.Coli bisa menyimpan Data 500 kali lebih banyak dari Hardisk"

  1. Anonim says:

    bakteri yang hebat uy...

    Anonim says:

    betul..betul..betul...

Posting Komentar

Powered by Blogger